Close

Faktor Resiko Asma Yang Harus Diketahui

Faktor Resiko Asma Yang Harus Diketahui

Faktor Resiko Asma Yang Harus Diketahui

Faktor Resiko Asma Yang Harus Diketahui – Mari kita lihat beberapa faktor risiko asma dan bagaimana faktor tersebut dapat meningkatkan kemungkinan seseorang akan mengalami gejala asma seperti batuk, mengi, dan sesak napas. Setelah menentukan faktor risiko asma, maka tentukan faktor-faktor risiko apa saja yang dapat Anda kendalikan dan cobalah untuk membuat beberapa perubahan gaya hidup.

Setiap tahun jumlah penderita asma semakin bertambah, namun tidak ada seorang pun yang tahu penyebab pasti dari penyakit ini. Antara satu orang dengan orang lain bisa berbeda pemicu asma kambuh. Tampaknya, ada beberapa faktor risiko yang diyakini dapat meningkatkan kerentanan seseorang terserang asma.

Berikut ini adalah beberapa faktor risiko asma yang paling sering dimiliki oleh penderitanya :

Merokok

Asap rokok menimbulkan iritasi di saluran pernapasan, bahkan penelitian sudah menunjukkan bahwa perokok aktif mempunyai risiko lebih besar mengembangkan asma. Apabila seorang ibu merokok saat di masa kehamilan, anaknya cenderung dilahirkan dengan kecenderungan penyakit asma. Sama halnya apabila seorang anak sering menghirup asap rokok (perokok pasif), ia cenderung mengalami gejala asma.

Hiperaktivitas Saluran Pernapasan

Memiliki saluran pernapasan yang bereaksi berlebihan terhadap bahan-bahan tertentu (alergen) merupakan salah satu faktor resiko asma. Pada penderita asma, saluran pernapasan menjadi hiperaktif dan meradang saat terpapar oleh alergen atau udara dingin.

Tidak semua orang dengan saluran pernapasan yang hiperaktif menderita asma, akan tetapi saluran pernapasan yang hiperaktif dapat meningkatkan resiko terjadinya asma.

Riwayat Keluarga

Asma merupakan salah satu penyakit yang diturunkan dalam keluarga (herediter). Jika salah satu orang tua anda menderita asma, maka anda memiliki resiko 3-6 kali lebih tinggi untuk menderita asma daripada anak yang kedua orang tuanya tidak menderita asma.

Alergi

Atopi merupakan suatu reaksi alergi pada berbagai bagian tubuh yang bahkan tidak bersentuhan dengan alergen atau zat yang menyebabkan timbulnya reaksi alergi. Beberapa penyakit yang dapat timbul akibat atopi adalah eksim (dermatitis atopik), rhinitis alergika, konjungtivitis alergika, dan asma.

Beberapa alergen seperti bulu binatang, berbagai serangga, dan jamur dapat menyebabkan timbulnya suatu reaksi alergi, yang pada akhirnya dapat meningkatkan resiko terjadinya asma.

Jenis Kelamin dan Usia

Kedua faktor ini selalu beriringan. Asma paling sering mulai dimiliki sejak masa kanak-kanak dan itulah kenapa anak kecil lebih rentan terserang asma. Walau begitu, ada yang sama sekali tidak merasakan gejala asma sampai setelah mereka dewasa. Kasus demikian dikenal dengan istilah adult-onset asthma (asma di usia dewasa).

Pada usia kanak-kanak, anak laki-laki lebih cenderung mengalami gejala asma dibandingkan anak perempuan. Namun pada usia dewasa, pria maupun wanita memiliki risiko asma yang sama besarnya.

Obesitas

Berdasarkan penelitian, asma lebih sering terjadi pada orang dewasa dan anak yang mengalami obesitas (kegemukan). Serangan asma pada penderita asma yang juga mengalami obesitas seringkali lebih sulit dikendalikan dan membutuhkan lebih banyak pengobatan.

Lingkungan

Berbagai polusi udara, baik yang berasal dari asap rokok, jamur, atau berbagai zat berbahaya lainnya dapat menimbulkan suatu reaksi alergi dan asma. Polusi udara, sulfur dioksida, nitrogen oksida, ozon, udara dingin, dan kelembaban udara yang tinggi merupakan pemicu terjadinya serangan asma.

Ozon, sulfur dioksida, dan nitrogen oksida dapat mengiritasi saluran pernapasan dan menyebabkan timbulnya batuk, sesak napas, mengi, nyeri dada, dan serangan asma.

Cuaca dingin dapat menyebabkan penyempitan saluran pernapasan dan meningkatkan produksi lendir pada saluran pernapasan. Peningkatan kelembaban udarah juga dapat menyebabkan timbulnya gangguan pernapasan pada beberapa orang tertentu.

Sekian dari pembahasan kali ini yang mengenai tentang faktor rsiko asma semoga dengan adanya penjelasan di atas dapat bermanfaat bagi anda dan terimakaish atas kesediaannya mengunjuni situs kami Obatherbalasma.

Baca juga artikel menarik lainnya hanya di Obat Herbal Asma

Komplikasi Penyakit Asma

Gejala Penyakit Asma

Penyebab Penyakit Asma

Posted By Obat Herbal Asma

Faktor Resiko Asma Yang Harus Diketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *